Apa Pentingnya Masjid Al-Aqsa Untuk Umat Islam?

Kota Yerusalem dipilih atas perintah Allah oleh Nabi Daud (as), pada abad kesepuluh SM. Setelah dia, putranya Nabi Sulaiman (as) membangun sebuah masjid di Yerusalem sesuai dengan wahyu yang dia terima dari Allah. Selama beberapa abad, masjid ini digunakan untuk menyembah Allah oleh banyak nabi dan rasul Allah. Masjud itu dihancurkan oleh orang Babilonia pada tahun 586 SM, tetapi segera dibangun kembali dan dipersembahkan kembali untuk menyembah Allah pada tahun 516 SM. Namun, sebelum kita melanjudkan informasi ini, mungkin anda ingin mencoba jasa Tour Aqsa Surabaya jika anda ingin berwisata ke Masjid Al-Aqsa.

This image has an empty alt attribute; its file name is 9Tour-Aqsa-Jakarta.jpg

Hal itu berlanjut setelah beberapa abad sampai zaman Nabi Isa (Yesus) (as). Setelah ia meninggalkan dunia ini, masjid itu dihancurkan oleh bangsa Romawi pada tahun 70 M.

Nabi Muhammad (Salallahu ‘Alaihi Wa Salam) dibawa ke sana dalam perjalanan ajaibnya Al-Israa ‘dan dari sana ia pergi untuk Al-Mi`raj. Ketika umat Islam mengambil kota Yerusalem pada 636 M selama kekhalifahan Umar (ra) dia memerintahkan untuk membangun masjid ini lagi, dan masjid itu pun berdiri sampai sekarang sebagai masjid untuk pemujaan kepada Allah, seperti yang awalnya dibangun oleh Nabi Sulaiman (as).

Arti penting dari Yerusalem adalah bahwa itu adalah kota dari banyak Nabi Allah. Masjid Al-Aqsa adalah salah satu masjid kuno dan di Al-Quran, Allah menyebutnya dan tanahnya “lingkungan yang diberkati” (Surat Al-Israa ‘: 1).

Ketika Nabi Muhammad (Salallahu ‘Alaihi Wa Salam) berada di Mekah dan juga selama sekitar 17 bulan setelah Hijrahnya ke Madinah, ia dan para pengikutnya biasa solat ke arah Masjid Al-Aqsa.

Hal ini untuk membangun di benak umat Islam hubungan antara ajaran Nabi Muhammad (Salallahu ‘Alaihi Wa Salam) dan Nabi-nabi Allah lainnya (as).

Terutama, ada 3 alasan mengapa masjid ini penting bagi umat Islam:

1- Al-Aqsa adalah kiblat pertama (arah sholat) umat Islam dan tanah Al-Israa’ dan Al-Mi`raj. Hati kami (umat muslim) berdarah untuk semua tindakan asusila yang dilakukan terhadap Al-Aqsa.

2- Pentingnya status Al-Aqsa dijelaskan dengan tegas dalam hadits.

3- Arti penting Yerusalem adalah bahwa itu adalah kota dari banyak Nabi Allah (as) karena Mekah adalah kota Nabi Ibrahim (Ibrahim), Isma`il (Ismail) (as) dan Muhammad (Salallahu ‘Alaihi Wa Salam).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *